Catatan Terbaru :
Home » , , » Makna Aku Dan Kami Dalam Al Quran

Makna Aku Dan Kami Dalam Al Quran

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Seringkali Aku dan Kami menjadi suatu perselisihan yang tiada akhir, yang mana setiap orang yang berpendapat tersebut bersikukuh dengan pengertian yang didapatkannya. Pengertian dan atau penjelasan akan makna Aku dan Kami selalu menjadi perbincangan yang menarik dan seolah tidak pernah ada putusnya dari masa ke masa.

Hal tersebut sejatinya telah sudah dijelaskan didalam kitab Nya, dimana setiap zaman akan selalu melahirkan orang - orang yang sama yakni mereka yang berada dijalan yang sesuai dengan petunjuknya dan mereka yang berada dijalan yang menyimpang dari petunjuknya, sebagaimana ditulis dalam catatan sebelumnya hal tersebut adalah memang sudah dijadikan sebagai bagian dari kehidupan, yang tidak kita ketahui kemudian adalah sampai kapan keduanya tetap berada dijalan masing - masing.

Mungkin saja mereka yang berada dijalan petunjuknya akan menyimpang dan mereka yang menyimpang akan mendapatkan petunjuk untuk berada dijalan yang di Ridhai Nya , kesemuanya ada berada dalam kekuasaan Allah Subhanahu Wata'ala.
Kembali kepada makna Aku atau Ku adalah makna dari Allah Subhananu Wata'ala yang menciptakan secara langsung tanpa melibatkan makhluk sedangkan Kami adalah tanda tanda kekuasaan Allah Subhanahu Wata'ala yang ada pada makhluk Nya.

Jika berhenti sampai disini saja penjelasan makna dari Aku dan Kami belumlah gamblang dan memang tidak akan mudah untuk dimengerti dan atau difahami termasuk kemudian diterima, karena masih terdapat kalimat / ayat yang menyatakan Aku dan Kami dalam ruang lingkup yang lain (tidak pada penciptaan), termasuk menurunkan Azab dan menyampaikan peringatan kepada manusia sebagaimana dijelaskan dalam Surah Al Al Mulk ayat 17 : 
"apakah kamu merasa aman terhadap yang (berkuasa) di langit bahwa Dia akan mengirimkan badai yang berbatu. Maka kelak kamu akan mengetahui bagaimana akibat mendustakan peringatan-Ku?"

Didalam ayat tersebut juga disebutkan "peringatan Ku" yang kurang lebih makna dari Ku tersebut adalah merupakan Tanda - Tanda Kekuasaan Allah Subhanahu Wata'ala yang ada pada makhluk Nya, sedang mahkluk itu sendiri tidak memiliki satu kekuasaan pun terhadap apa yang ada dilangit dan dibumi termasuk dirinya sendiri yang berada dalam kekuasaan Allah Subhanahu Wata'ala.(In Sya Allah akan ada catatan selanjutnya)

Wallahu A'lam
Share this article :

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Sholat Do'a dan Dzikir - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger