Catatan Terbaru :
Home » , » Keutamaan Shalat Malam

Keutamaan Shalat Malam

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Sudah tidak terhitung banyaknya buku - buku yang sudah membahas tentang berbagai hikmah dan atau keutamaan dari shalat malam yang berdasarkan dalil - dalil al Quran ataupun Hadits yang dijabarkan dan dirangkum dari pendapat ulama salaf .

Hukum shaat malam yang disepakati oleh para ulama adalah sunah muakkad yang waktu pengerjaannya adalah setelah selesai sholat ‘isya sampai dengan sesaat sebelum waktu sholat shubuh. Akan tetapi, waktu yang paling utama untuk mengerjakan nya adalah sepertiga malam yang terakhir, berbeda dengan shalat tahajjud yang menurut sebagian besar ulama' hanya boleh dikerjakan sesudah tidur shalat malam boleh dilaksanakan sesudah ataupun sebelumnya.

Berikut adalah beberapa keutamaan dari shalat malam yang dirangkum dengan tujuan agar lebih bersemangat dan terdorong untuk mengerjakannya dan selalu istiqomah mengerjakannya.

1. Sebab masuk surga.

Rosululloh sholallohu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Wahai sekalian manusia, sebarkanlah salam, berilah makanan, sambunglah tali persaudaraan dan sholatlah ketika manusia terlelap tidur pada waktu malam niscaya engkau akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah, dishohihkan oleh Al Albani)

2. Menaikkan derajat di surga.

Rosululloh sholallohu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sungguh di dalam surga tedapat kamar-kamar yang bagian dalamnya terlihat dari luar dan bagian luarnya terlihat dari dalam. Kamar-kamar itu Alloh sediakan bagi orang yang memberi makan, melembutkan perkataan, mengiringi puasa Romadhon (dengan puasa sunah), menebarkan salam dan mengerjakan sholat malam ketika manusia lain terlelap tidur.” (HR. At Tirmidzi, dihasankan oleh Al Albani)

3. Penghapus dosa dan kesalahan.

Rosululloh sholallohu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Hendaklah kalian melakukan sholat malam, karena sholat malam itu adalah kebiasaan orang-orang sholih sebelum kalian, dan ibadah yang mendekatkan diri pada Tuhan kalian serta penutup kesalahan dan sebagai penghapus dosa.” (HR. At Tirmidzi, dihasankan oleh Al Albani)

4. Sholat yang paling utama setelah sholat fardhu.

Rosululloh sholallohu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sholat yang paling utama setelah sholat wajib adalah sholat malam.” (HR. Muslim)

5. Kemulian orang yang beriman dengan sholat malam.

Ketika Jibril datang pada Rosululloh sholallohu ‘alaihi wa sallam lalu berkata, “Hai Muhammad, kemuliaan orang beriman adalah dengan sholat malam. Dan kegagahan orang beriman adalah sikap mandiri dari bantuan orang lain.” (HR. Al Hakim, dihasankan oleh Al Albani)

Dari pengalaman dan kisah beberapa ulama' yang istiqomah dalam mengerjakan sholat malam ada beberapa keuntungan lain didunia yang dimiliki orang yang sering / istiqomah dalam mengerjakan sholat malam setiap hari secara rutin diantaranya adalah :
  1. Memiliki intuisi atau firasat yang tajam serta kemudahan dalam menghadapi berbagai masalah
  2. Optimis menghadapi berbagai masalah yang menghadang dikuatkan hatinya untuk tetap memiliki rasa nyaman dan aman
  3. Merasa selalu dekat dengan Allah dan terhindar dari perasaan tertekan dan stres berkepanjangan
  4. Mendapat bimbingan dan petunjuk menghadapi berbagai masalah, yang bisanya muncul kapan saja ketika kita mengharapkannya.
  5. Dicukupkan Allah semua hajat kebutuhannya dan mendapat rezeki yang tidak pernah terputus
  6. Meningkatkan kecerdasan spiritual dan mendapat pertolongan dan kemudahan dari tempat yang tidak pernah diduga

Dan banyak lagi keuntungan lain yang tentunya tidak sama pada setiap orang, tergantung pada karunia Allah Subhanahu Wata'ala kepada masing masing orang, sangat disayangkan jika kebanyakan kaum muslimin meninggalkan sholat malam yang berarti telah menyia-nyiakan keutamaan yang telah Alloh sediakan dikarenakan kemalasan yang ada pada mereka atau pun tergoda dengan nyamannya selimut hangat , sama juga seperti yang menulis artikel ini karena terkadang juga sering lupa :)

Wallahu A'lam
Share this article :

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Sholat Do'a dan Dzikir - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger