Catatan Terbaru :
Home » , » Shalat Tahajjud

Shalat Tahajjud

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Shalat Tahajjud adalah sholat sunnah yang dilakukan malam hari setelah bangun tidur / tidur terlebih dahulu walaupun hanya sebentar, karena arti dari kata Tahajjud itu sendiri adalah bangun dimalam hari. Salat tahajud / sholat tahajjud adalah salah satu dari sekian banyak sholat sunnah utama yang diutamakan serta memiliki nilai yang sangat tinggi di sisi Allah subhanahu wata'ala (insya Allah). hukum shalat dan atau perintah shalat tahajjud sebagaimana dijelaskan dalam Al quran surah Al Isra ayat 79 yang kurang lebih dalam bahasa indonesianya adalah :

"Dan pada Sebagaian malam hari, hendaklah engkau shalat Tahajud / laksanakanlah sholat tahajjud sebagai tambahan ibadah bagi engkau. mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji"

Menurut sebagian ahli tafsir dan cendikiawan muslim Shalat Tahajud adalah satu - satunya shalat yang diwajibkan kepada Nabi SAW sebelum akhirnya disunnahkan setelah turunnya perintah shalat wajib lima waktu. Berikut adalah sedikit catatan tentang shalat tahajjud :

Lafadz niat shalat tahajjud

أُصَلِّي سُنّةَ التَهَجُدِ رَكْعَتَيْنِ ِللَهِ تَعَاليَ

Artinya: Aku niat shalat sunnah tahajjud dua raka'at karena Allah ta'ala.
  


Tata cara dan bacaan dalam melaksanakan shalat tahajjud,  Tata cara shalat tahajjud tidak jauh berbeda dengan shalat sunnah yang lain sebagaimana berikut:
  1. Setelah takbirotul ihram (takbir pertama), baca surat Al Fatihah dan setelah itu disunnahkan membaca surat Al Kafirun (Qul Ya Ayyuhal Kafirun.. dst)
  2. Raka'at kedua membaca Al Fatihah dan surat Al Ikhlas (Qul Huwa-Allahu Ahad.. dst)
  3. Waktu ruku' membaca Subhana Rabbiyal Adzimi Wabihamdih 3x.
  4. Waktu sujud membaca Subhana Rabbiyal A'la Wabihamdih 3x.
  5. Setelah tahiyyat dan salam membaca do'a di bawah.


Bacaan do'a atau wirid setelah shalat tahajjud

بِسْمِ اللهِ الرَحْمن ِالرَحيم اَلَلهُم لكَ الحَمْدُ أنتَ قَيِّمُ السَمَواتِ وَالأرِض ومَنْ ِفيهِنَ ولَكَ الحَمْدُ أَنْتَ نُورُ السَمَواتِ وَالأرِض ومَن فَيهنَ ولَكَ الحمدُ أنت الحقُ وَوَعْدُكَ الحقُ ولِقاءُكَ حَقٌ وقَولُكَ حَقٌ والجنةُ حقٌ والنارُ حَقٌ والنَبَيونَ حقٌ
ومحمدٌ صلي الله عليه وسلم حَقٌ والسَاعَةُ حَقٌ اللهم لَكَ أَسْلَمْتُ وَبِكَ أَمَنْتُ وَعَليكَ تَوَكَلتُ وَإلَيْكَ أَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَلَكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْليِ مَا قَدَّمْتُ وما أَخَّرْتُ وما أَسْرَرْتُ وَما أَعْلَنْتُ وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُبِهِ مِنيِ أَنْتَ الُمقَدِّمُ
وَأَنْتَ الُمؤَخِّرُ لَاإلَهَ إلا أَنْتَ وَلاَ حَوْلَ وَلا قُوّةَ إلا بالله


Waktu Pelaksaan shalat tahajjud

Waktu pelaksanaan shalat tahajjud adalah mulai setelah isya' sampai sepertiga akhir malam. Ulama membagi waktu tahajjud menjadi tiga, yaitu:

1. Sepertiga malam pertama. Dari jam 19.00 sampai jam 22.00
2. Sepertiga malam kedua. Dari jam 22.00 sampai 01.00
3. Seperti malam ketiga. Dari jam 01.00 sampai masuknya waktu subuh.

Perbedaan Shalat malam dengan shalat tahajjud adalah :

Shalat malam dilakukan pada waktu malam setelah salat isya'. Baik dilakukan sebelum atau setelah tidur. Sedangkan salat tahajjud adalah salat malam yang dilakukan setelah bangun dari tidur. Dengan kata lain, shalat tahajjud pasti solat malam, sedang salat malam belum tentu salat tahajud. 

Wallahu A'lam
Share this article :

+ comments + 1 comment

March 5, 2013 at 11:05 AM

Assalamu'alaikum,
halo admin, salam kenal, terimakasih atas artkelnya, sangat membantu kami dalam menambah ilmu terutama di bidang shalat tahajud!

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Sholat Do'a dan Dzikir - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger