Catatan Terbaru :
Home » , , , , » Opini dan Fakta

Opini dan Fakta

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Opini yang dalam bahasa Inggris nya adalah Opinion menurut sebagian besar orang adalah suatu pendapat dan atau ide yang tertuang dalam bentuk pemikiran yang kemudian dipergunakan untuk menjelaskan suatu kecenderungan tertentu terhadap suatu perspektif dan ideologi yang masih mentah atau bersifat tidak objektif karena suatu opini atau pendapat dan ide belumlah mendapatkan adanya suatu kepastian serta pengujian, 

Opini dapat juga merupakan sebuah pernyataan tentang segala sesuatu yang akan dan telah berlaku pada masa lalu , sekarang dan masa depan yang kebenaran atau kesalahannya tidak serta merta dapat langsung ditentukan meskipun pada masa lalu atau masa sekarang telah terlebih dahulu ditemukan adanya bukti yang mengarah kepada kebenaran.

Karena yang sesungguhnya kebenaran yang sebenar - benarnya hanya Allaah Subhanahu Wata'ala sahaja yang maha mengetahuinya.

Opini jika kemudian dikembangkan bukanlah merupakan sebuah fakta yang mutlak meskipoun nantinya dikemudian hari dapat juga dibuktikan atau diverifikasi kebenarannya , opini tetaplah opini dan tidak akan pernah berubah menjadi sebuah kenyataan atau fakta yang dapat dipatenkan termasuk dalam ilmu pengetahuan Ilmiah yang terus berkembang dan berubah sepanjang zaman.

Fakta adalah segala sesuatu yang dapat tertangkap oleh indra manusia dan atau data nyata yang dapat menjadi bukti / dijadikan bukti setelah melalui beberapa pengujian dan kemudian menjadi suatu kenyataan. Fakta kemudian seringkali diyakini oleh khalayak umum sebagai seseatu hal yang sebenar-benarnya, baik karena mereka telah mengalami kenyataan-kenyataan dari dekat maupun karena mereka dianggap telah melaporkan pengalaman orang lain yang sesungguhnya.

Dalam istilah keilmuan fakta adalah suatu hasil pengamatan yang obyektif dan dapat dilakukan verifikasi oleh siapapun. diluar lingkup keilmuan fakta sering pula dihubungkan dengan:
  • Suatu hasil pengamatan jujur yang diakui oleh pengamat yang diakui secara luas
  • Galat biasa terjadi pada proses interpretasi makna dari suatu pengamatan.
  • Kekuasaan kadang digunakan untuk memaksakan interpretasi politis yang benar dari suatu pengamatan.
  • Suatu kebiasaan yang diamati secara berulang; satu pengamatan terhadap fenomena apapun tidak menjadikan itu sebagai suatu fakta. Hasil pengamatan yang berulang biasanya dibutuhkan dengan menggunakan prosedur atau definisi cara kerja suatu fenomena.
  • Sesuatu yang dianggap aktual sebagai lawan dari dibuat
  • Sesuatu yang nyata, yang digunakan sebagai bahan interpretasi lanjutan
  • Informasi mengenai subyek tertentu
  • Sesuatu yang dipercaya sebagai penyebab atau makna

Fakta ilmiah sering dipahami sebagai suatu entitas yang ada dalam suatu struktur sosial kepercayaan, akreditasi, institusi, dan praktik individual yang kompleks.
Share this article :

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Sholat Do'a dan Dzikir - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger