Catatan Terbaru :
Home » , , » Dzikr Sesudah Shalat

Dzikr Sesudah Shalat

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Dzikir setelah shalat adalah salah satu rutinitas dzikir yang harus kita amalkan dan atau kita jalankan pada tiap - tiap waktu seusai menunaikan shalat wajib dan atau shalat sunnah, hendaknyalah kita tidak terburu buru keluar dan atau berdiri dari tempat shalat setelah salam, namun hendaknya kita merutinkan Dzikir setelah sholat sebagai tambahan amal ibadah yang sangat disunnahkan dan salah satu kebiasaan Rasulullah.

Dzikir sesudah shalat jika kita ibaratkan didalam kehidupan sehari - hari bagi tubuh kita adalah laksana minum sesudah makan, agar tidak tersedak kemudian dan atau kehausan ditengah jalan.

Demikian halnya Dzikir dan atau Do'a sesudah sholat sebagai salah satu bentuk penghambaan ,  ketidakmampuan , ketidakberdayaan , permohonan pertolongan , serta salah satu dari pengakuan kelemahan kita sebagai makhluk yang berkehendak kepada Nya.

Suatu kepastian dan ketetapan dari Nya bahwa dzikir dan do’a adalah salah satu diantara sekian banyak amal shaleh yang dapat mendekatkan diri seorang muslim kepada Rabbnya, bahkan ia merupakan kunci pembuka semua kebaikan yang di inginkan seorang hamba Allaah didunia dan akhirat. Maka wajiblah bagi seorang hamba Allah Ta’ala yang ingin membukanya hendaknya menjaga dzikir dan do’a serta terus memohon perlindungan kepada Allaah kepada siapa lagi kalau bukan kepada Nya  :

Dari sekian banyak uraian tentang keutamaan dan atau manfaat dari Dzikir dan Do'a sesudah shalat adalah dapat memberikan ketentraman hati dan ketenangan pikiran sebagaimana dijelaskan didalam salah satu Firman Nya :

الَّذِينَ ءَامَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُم بِذِكْرِ اللهِ أَلاَبِذِكْرِ اللهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

Artinya: “yaitu orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS. Arra’du :28)

Berikut adalah sebuah persembahan kepada Sahabat Muslim sekalian sebuah dokumen bacaan dzikir dan do'a setelah shalat yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam berdasarkan hadits-hadits yang shahih. Semoga dapat membantu kita mengamalkan amalan yang mulia ini secara rutin setiap selesai shalat fardhu.

Bacaan dan atau Dzikir sesudah sholat
Share this article :

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Sholat Do'a dan Dzikir - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger