Catatan Terbaru :
Home » , , » Aku Ingin Belajar Shalat

Aku Ingin Belajar Shalat

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Aku ingin belajar sholat adalah kata - kata yang seringkali terucap dari mulut seseorang yang kemungkinan besar memang berasal dari hati nurani mereka yang telah tersentuh dan atau tercerahkan oleh petunjuk Ilahi. Penyebabnya bisa bermacam - macam entah itu berasal dari kejadian yang dialami oleh diri sendiri maupun oleh karena arahan orang lain yang pasti kesemuanya adalah berasal dari Ilahi. 

Terkadang ada sebagian dari kita dan atau mereka yang kemudian mengaku atau mengklaim bahwa mereka atau kita telah banyak melakukan kebaikan dan atau telah banyak mengentaskan kesesatan dan atau mengarahkan orang lain agar lebih beragama / lebih memiliki aturan. 

Ketahuilah yang demikian adalah kurang bisa untuk dibenarkan, karena apapun dan dimanapun serta dalam bentuk apapun usaha yang dilakukan oleh seseorang tak jauh dan tak bukan serta tidak terlepas dari kekuasaan Allaah Subhanahu Wata'ala.

Adapun usaha yang telah kita lakukan dan atau kita kerjakan adalah semata - mata mengerjakan perintah Nya dengan artian mengabdi dan hanya sekedar bisa menasehati seseorang, adapun nantinya orang yang kita nasehati dapat berubah menjadi lebih baik hal tersebut seyogyanya kita kembalikan kepada Kekuasaan Nya. 

Dengan tanpa Ridha Nya dan Izin Nya tak ada seorangpun yang dapat mengarahkan dan atau menasehati orang lain menjadi lebih baik dan atau beragama terlebih masalah shalat , dzikir dan do'a, yang kesemuanya adalah murni dan tanpa campur tangan seorangpun melainkan hanya dan hanya atas Izin Nya. 


Bahkan Baginda Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam pun tidak dapat meng-islam-kan kedua pamannya sendiri.

Belajar sholat adalah hal yang teramat mudah untuk dilakukan oleh siapapun dan memberikan pelajaran sholat juga adalah hal yang teramat mudah bagi mereka yang telah belajar dan melaksanakan sholat namun..... kembali lagi tiadalah berguna dan tiadalah artinya ketika sholat yang dilakukan adalah hanya sekedar untuk menggugurkan kewajiban atau hanya sekedar melaksanakan kegiatan rutin, karena esensi dari sholat itu sendiri adalah untuk mengingat Allaah , Berdzikir kepada Allaah, Berdo'a kepada Allaah Subhanahu Wata'ala dan memohon pertolongan kepada Nya, dengan memurnikan ketundukan dan kepatuhan hanya kepada Sang Penguasa, Raja segala Raja. 

Salah satu dari esensi sholat yang paling banyak diketahui seseorang adalah mencegah dari perbuatan keji dan mungkar , akan tetapi kemudian jika kita melihat fakta yang ada dilapangan tidak sedikit dari kita (termasuk yang menulis catatan ini) serta mereka yang masih juga terjerembab kedalam perbuatan keji dan mungkar. lantas .......... dimanakah bekas dan atau manfaat serta faedah sholat yang telah dilaksanakan...? 

Tidak bermaksud untuk mengatakan sesuatu yang jelek tentang mereka yang berbuat demikian karena pada dasarnya dan pada kenyataannya penulis sendiri terkadang juga tidak luput dari melakukan perbuatan keji dan mungkar dalam batasan admin sendiri penyesalan seringkali hadir ketika hal tersebut sudah terjadi dan kembali kita memohon ampun dan bertaubat kepada Nya.

Seolah tidak pernah jera dan tidak ada putusnya khususnya bagi mereka yang belum dapat menetapi kebenaran (istiqomah) dan kesabaran , dalam melaksanakan perbuatan keji dan mungkar bisa jadi oleh karena sholat yang kita lakukan adalah belum benar dan atau belum sempurna, baik dalam ucapan (lafadz yang diucapkan ketika shalat), Perbuatan (tingkah berdiri , takbir, sujud , ruku' yang dilakukan ketika sholat) serta Hati (yang tidak tertuju kepada Nya) ketika melaksanakan sholat. 

Tidak perlu ada yang ditutupi serta disembunyikan bahwa seringkali kita dalam rangka melaksanakan sholat masih saja membayangkan dan atau memikirkan serta mengkhawatirkan sesuatu diluar sholat, baik itu yang berupa harta , pekerjaan , anak , istri , dan permasalahan yang ada didalam kehidupan. 

Khusyu' adalah jawaban ...... ke-khusyu'-an dalam melaksanakan sholat semestinya adalah sesuatu yang pertama kali diajarkan kepada mereka yang ingin belajar sholat , kekhusyu'an adalah semestinya menjadi ajaran utama dan atau pelajaran utama serta sesuatu yang harus diutamakan dalam pembelajaran sholat, karena hanya dengan khusyu'lah kita bisa merasakan serta menghayati kenikmatan sholat itu sendiri. 

Ingin belajar sholat ........? Belajarlah Khusyu' terlebih dahulu, dengan membuang segala beban , membuang segala permasalahan , membuang semua angan dan segala sesuatu yang ada didalam pikiran. mantapkan hati tekadkan langkah dan bulatkan tujuan ketika hendak melaksanakan sholat dengan hanya dan hanya ingin menghadap kepada - Nya. 

Wallahu A'lam
Share this article :

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Sholat Do'a dan Dzikir - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger