Catatan Terbaru :
Home » , , » Do'a Bila Dipuji dan Dicaci

Do'a Bila Dipuji dan Dicaci

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Dikutip dari berbagai catatan bahwa makna dari pujian adalah pernyataan tentang sesuatu yang positif tentang seseorang, dengan tulus dan sejujurnya. Pujian adalah suatu ucapan yang membuat orang yang mendengarnya merasa tersanjung, sehingga dapat juga memberikan motivasi kepada orang yang di puji. Pujian itu penting sekali, guna untuk menunjukan betapa kita benar-benar menyukai apa yang di katakan, di lakukan, atau dicapai oleh seseorang. 

Pujian membuat orang menjadi lebih baik dan, kemampuan memuji adalah skill yang sangat berguna untuk dikuasai. Orang yang sering dipuji cepat atau lambat akan belajar untuk memuji orang lain juga. Kalau kita sering saling memuji, kita akan lebih bahagia. Dan, kalau kita menjadi orang yang lebih bahagia, kebahagiaan akan cepat menyebar seperti virus, dan akan menjadikan dunia tempat yang lebih bahagia untuk dihuni. 

Berbeda dengan makna dan tujuan dari pujian yang tertulis diatas penulis mendapatkan pengertian tentang  pujian adalah sebagai suatu bentuk pernyataan dari seseorang kepada orang lain tentang sesuatu hal yang berkaitan dengan orang lain atau diri sendiri yang dari segi tujuannya terdapat dua macam pujian baik yang ditujukan kepada orang lain maupun terhadap diri sendiri yakni : menyanjung dan atau menjatuhkan serta pujian positif dan negatif (berisi akan kata sanjungan yang pada kenyataannya tidak demikian). 

Pujian tidaklah menjadikan seseorang lebih baik bahkan pujian dapat menjadikan seseorang menjadi lebih buruk dari sebelumnya, dan semakin banyak pujian dari satu dengan yang lain akan semakin buruk pula akhir dari kejadian itu.

Oleh karenanya kita diberikan satu pegangan yang apabila kita mendapatkan pujian dari seseorang hendaklah kita berdo'a memohon kepada Allah Subhanahu Wata'ala agar tidak mendapatkan mudharat dari akibat pujian tersebut, berikut adalah do'a ketika kita mendapatkan pujian dari seseorang.

Bacaan Atau Do'a Bila Dipuji Oleh Seseorang

اَللَّهُمَّ لاَ تُؤَاخِذْنِيْ بِمَا يَقُوْلُوْنَ


Ya Allah, semoga Engkau tidak menghukumku karena apa yang mereka katakan

وَاغْفِرْلِيْ مَالاَ يَعْلَمُوْنَ


Ampunilah aku atas apa yang tidak mereka ketahui.

وَاجْعَلْنِيْ خَيْرًا مِمَّا يَظُنُّوْنَ


Dan jadikanlah aku lebih baik daripada yang mereka perkirakan

Wallahu A'lam
Share this article :

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Sholat Do'a dan Dzikir - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger