Catatan Terbaru :
Home » , , , , , » Umat Manusia Satu Keluarga

Umat Manusia Satu Keluarga

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Dizaman yang serba rancu dan membingungkan seperti saat ini , sebagian besar orang akan mengelompok dan atau membentuk kotak kotak manusia sesuai dengan status , trends , dan keinginan serta kepentingan dengan anggapan bahwa watak psikologis dan watak alamiah mereka berasal dari mereka sendiri, sebagaimana di indikasikan oleh warna kulit , suku , dan bahasa yang berbeda beda. sebagian lagi mungkin mungkin membuat pembagian menurut empat penjuru mata angin dengan menggambarkan bahwa setiap daerah akan memiliki sifat dan watak tertentu sesuai dengan alam dan hukum yang berbeda.

Hal inilah yang Insya Allah akan penulis bahas lebih banyak nantinya dalam catatan demi catatan yang berkesinambungan dengan tentunya akan sedikit banyak bersandar dan berdasar kepada Al Quran. Sudah menjadi pengetahuan dan keyakinan yang harus dipegang oleh setiap manusia bahwa asal muasal mereka adalah dari diri yang satu, dilihat dari segi agama manapun didunia ini memiliki keyakinan dan pengetahuan serta kefahaman bahwa kita semua umat manusia adalah satu keluarga.

Bagaimana kisah yang sebenarnya dan kenapa mereka hingga saat ini terbagi kedalam berbagai kelompok, masih terdapat berbagai perbedaan pendapat yang tidak jua memiliki titik temu karena masing - masing dari mereka memiliki hujjah yang membenarkan diri mereka sendiri.

Sebenarnya jikalau kita mau sadar diri dan mengakui bahwa tidak ada satupun manusia yang luput dari salah dan lupa, serta kemudian menyadari bahwa diri kita adalah satu keluarga maka pastinya perbedaan dan sengketa serta kedengkian akan sirna dan menjadi sesuatu yang indah dalam kebersamaan dan kasih sayang.

Pendapat yang menyatakan bahwa keselamatan hanya milik satu sekte dan atau golongan saja, adalah merupakan suatu keyakinan yang perlu lagi bagi kita untuk berpikir lebih dalam lagi dengan tidak tergesa - gesa untuk menyimpulkan dan mengambil keputusan.

Memang ada salah satu hadits yang dianggap shahih oleh para ulama' terkait hal ini bahwasanya Umat Rasulullah Muhammad SAW akan terpecah menjadi beberapa golongan akan tetapi hanya ada satu golongan yang selamat sedang golongan yang lain akan binasa.

Dikabarkan juga oleh Rasulullah Muhammad SAW bahwasanya ditengah umat beliau nantinya akan selalu ada sebagian orang yang sampai hari kiamat akan memiliki kebenaran dan tidak akan pernah bersepakat dalam kesalahan.

Tak diragukan dan tidak disangkal bahwa pertikaian baik antara agama maupun seagama adalah merupakan satu diantara sekian banyak tanggung jawab yang setiap manusia harus berusaha untuk mengakhirinya. oleh karena itu adalah sebuah kegembiraan yang besar, sekiranya nanti catatan demi catatan sederhana yang saya tulis ini dapat memberikan suatu penggugah jiwa yang dapat membangkitkan semangat kebersamaan generasi penerus bangsa yang akan berjuang demi untuk tegaknya kebersamaan dan kesatuan serta persatuan umat manusia.

Wallahu A'lam
Share this article :

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Sholat Do'a dan Dzikir - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger