Catatan Terbaru :
Home » , » Shalat Tahiyyatul Masjid

Shalat Tahiyyatul Masjid

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Sholat Tahiyat / Tahiyyatul Masjid (تحية المسجد) adalah shalat sunnah yang dikerjakan sebanyak dua rakaat pada saat / ketika  seorang muslim sedang memasuki masjid tanpa diawali dengan duduk / dzikr terlebih dahulu. Niat dan tatacara shalat Tahiyyatul masjid ini adalah sebagaimana juga shalat yang lainnya. maksud dilakukannya tahiyyatul masjid adalah mendekatkan diri kepada Allah , seperti halnya seseorang yang masuk ke rumah orang lain maka hendaknya mengucapkan salam kepada pemilik rumah.

Hadis Rasulullah SAW yang terkait dengan shalat tahiyyatul masjid ini antara lain : “Apabila seseorang di antara kamu masuk masjid, maka janganlah hendak duduk sebelum shalat dua rakaat lebih dahulu” (H.R. Bukhari dan Muslim)


Waktu untuk mengerjakan sholat tahiyyatul masjid adalah ketika seseorang masuk masjid sebelum duduk. adapun jika kemudian seseorang sengaja duduk dan menyadarinya maka tidak disyari'atkan bagi orang tersebut untuk kembali berdiri dan mengerjakan sholat tahiyatul masjid karena waktu untuk mengerjakannya telah selesai, sedangkan bagi seseorang yang masuk masjid karena tidak tahu atau lupa dan kemudian langsung duduk sebelum melaksanakan sholat tahiyatul masjid, maka disyari'atkan baginya berdiri dan melaksanakan shalat tahiyyatul masjid dua rakaat, karena bagi yang berudzur waktu untuk melaksanakan sholat belum berlalu, dengan syarat antara duduk dan shalatnya tidak berselang lama.

JIka kemudian ketika seseorang masuk masjid bersamaan dengan saat muadzin mengumandangkan adzan, maka yang disyari'atkan baginya adalah terleih dahulu menjawab seruan adzan dan mengakhirkan pelaksanaan sholat tahiyatul masjid agar mendapatkan keutamaan menjawab seruan adzan.


Lafadz Niat Shalat Tahiyatul Masjid.

Ushalli Sunnata Tahiyyatul Masjidi Rak'ataini Mustaqbilal Qiblati Lillahi Ta'ala

Dalam Bahasa Indonesia

Saya Niat Shalat Sunnat tahiyatul Masjid dua reka'at dengan menghadap Qiblat karena Allah Ta'ala.
Share this article :

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Sholat Do'a dan Dzikir - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger