Catatan Terbaru :
Home » , » Sujud Tilawah

Sujud Tilawah

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Sujud Tilawah adalah sujud yang musti dilakukan apabila kita membaca dan atau mendengar seseorang sedang membaca Ayat - Ayat Sajdah yang menurut para sebagian ulama' dilaksanakan baik didalam maupun diluar shalat. diantara ayat - ayat Sajdah yang ada didalam Al Quran adalah Surah Al A'raaf ayat : 206 yang dalam bahasa indonesianya kurang lebih :

"Sesungguhnya malaikat-malaikat yang ada di sisi Tuhanmu tidaklah merasa enggan menyembah Allah dan mereka mentasbihkan-Nya dan hanya kepada-Nya-lah mereka bersujud." 
Jika kita mendengar ayat diatas dibaca maka disunatkan untuk bersujud setelah membacanya atau mendengarnya, baik di dalam sembahyang maupun di luar sembahyang dengan membaca do'a sebagai berikut : "Aku sujudkan wajahku ini kepada yang menciptanya dan membentuk rupanya dan yang membuka pendengarannya dan penlihatannya. Maha Suci Allah sebaik-baik Pencipta".

Bagaimana cara melakukan sujud tilawah ? Berapa kali Salam ? Apa yang dibaca semasa sujud ?

Menurut beberapa pendapat sujud tilawah sama seperti sujud dalam solat, yang afdalnya adalah kita berdiri dan turun sujud di atas tujuh anggota sujud lalu membaca : Subahaana rabbiyal a’la (Maha Suci Allah Yang Maha Tinggi) tiga kali, kemudian membaca :

 اَللّهُمّ إِنِّي لَكَ سَجَدْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَلَكَ أَسْلَمْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ, سَجَدَ وَجْهِيَ لِلَّذِي خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ تَبَارَكَ اللهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِيْنَ اللهم اكْتُبْ لِي بِهَا أَجْرًا، وَضَعْ عَنِّي بِهَا وِزْرًا، وَاجْعَلْهَا لِي عِنْدَكَ ذُخْرًا، وَتَقَبَّلْهَا مِنِّي كَمَا تَقَبَّلْتَهَا مِنْ عَبْدِكَ دَاوُدَ عَلَيْهَ وَعَلَى نَبِيِّنَا أَفْضَلُ الصَّلاَة ِوَالسَّلاَمِ 

 (Ya Allah, sesungguhnya aku sujud kepadaMu, kepadaMu aku beriman, kepadaMu aku berserah diri dan kepada Mu aku bertawakkal. Wajahku sujud kepada (Allah) Yang menciptakannya, membentuk rupanya, membelah pendengaran dan penglihatannya dengan daya dan kekuatanNya, Maha Besar Allah sebaik-baik yang menciptakan).(Riwayat Muslim 771)

(Ya Allah, tulislah untukku pahala dengannya, hapuslah dosaku dengannya, jadikanlah ia sebagai simpanan untukku di sisi Mu, terimalah ia dariku sebagaimana Engkau menerimanya dari hamba Mu Daud ‘alaihi wa ‘ala nabiyina afdhalush shalatu wassalam). (Riwayat At-Tirmidzi 3424-Hadis Gharib)

Para ulama' berpendapat bahwa sujud tilawah sama seperti ibadah solat yang perlu memenuhi syarat-syarat utama seperti suci tubuh badan, berwudu, tempat sujud bersih dari najis, mengadap kiblat dan menutup aurat. Mereka mengharuskan bertakbir untuk sujud dan mengucap salam setelah bangun dari sujud sama seperti solat.

Terdapat banyak pendapat mengenai apa dimana dan bagaimana sujud tilawah yang paling utama adalah hendaklah membaca dan atau menyebut Nama Allah Subhanahu Wata'ala dan Mensucikan Nya.

Wallahu A'lam

Share this article :

+ comments + 1 comment

March 27, 2013 at 9:36 PM

As'salammuallaikum. shodaqoh97.blogspot.com

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Sholat Do'a dan Dzikir - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger