Catatan Terbaru :
Home » » Berusaha Di Jalan Allah

Berusaha Di Jalan Allah

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

“Jika ada seseorang yang keluar dari rumah untuk bekerja guna mengusahakan kehidupan anaknya yang masih kecil, maka ia telah berusaha di jalan Allah. Jika ia bekerja untuk dirinya sendiri agar tidak sampai meminta-minta pada orang lain, itu pun di jalan Allah” (HR. Thabrani).

Banyak ayat Alquran dan hadits yang menceritakan kehidupan orang-orang sukses di zaman dahulu. Sukses dalam dua petunjuk hidup itu bukan diukur berdasarkan berapa banyak harta yang mampu dikumpulkan seseorang, tetapi berdasarkan kemampuan menjaga diri di jalan Allah hingga maut menjemput. 

Namun di zaman sekarang, sukses tidaknya seseorang dalam hidup ini seringkali diukur berdasarkan kekayaan yang mampu diraup. Bahkan tak jarang, juga dipandang sukses di zaman sekarang, meskipun harta diraih dengan cara-cara yang tidak halal. 

Tak sedikit orang yang menjadi kaya raya, karena selalu memanfaatkan kesempitan-kesempitan orang lain. Di saat seseorang atau sekelompok orang sedang menderita, saat itulah orang-orang yang ditugaskan dan digaji negara untuk membantu, mengambil langkah-langkah setan. Akan bersedia melaksanakan tugas memberi bantuan, misalnya, kalau mau dibayar tambahan oleh orang-orang yang sedang menderita. 

Singkatnya, bagi orang-orang yang berani meninggalkan jalan Allah ini, setiap penderitaan orang lain adalah peluang besar mengumpulkan harta.

Orang-orang yang meninggalkan jalan Allah dalam mencari harta atau rezeki, telah meninggalkan kewajiban sekaligus kesempatan besar. Mencari rezeki yang halal, menurut Rasulullah, adalah wajib sesudah menunaikan ibadah fardhu (HR. Thabrani & Baihaqi). 

Sedangkan kesempatan yang diabaikan berupa kesempatan mendapatkan ampunan dosa. Sebab, Rasulullah juga telah bersabda bahwa ada dosa yang tidak terampuni, kecuali dengan lelah bekerja mencari nafkah yang halal.
Share this article :

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Sholat Do'a dan Dzikir - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger